TRADISI PEMDES GUNUNG MAKMUR DI BULAN PUASA, FULL AGENDA KEMASYARAKATAN

  • Mar 23, 2023
  • massekdes
  • KEMASYARAKATAN

Semenjak tahun 2021, Pemerintah Desa Gunung Makmur memiliki tradisi baru dalam rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan. "Semua kegiatan tetap dilaksanakan, akan tetapi ada sedikit penyesuaian di lapangan" tutur kepala desa, bapak Kristanto. Yang dimaksud beliau adalah kegiatan rutin yang bersumber dari Dana Desa, semisal kegiatan Posyandu Lansia pemberian makanan tambahan dikemas seapik mungkin sehingga menyerupai pembagian Ta'jil puasa. Yang harapanya bisa dibawa pulang dan bermanfaat untuk santap buka puasa.

Selain penyesuaian kegiatan rutin , pemdes Gunung Makmur juga memiliki berbagai kegiatan khas yang notabene bukan kegiatan wajib dari pemerintah. Kegiatan in murni kreatifitas pemdes gunung makmur dan masyarakat. Dimana pemdes Gunung Makmur menjadikan momen Ramadhan sebagai momen paling dekat dengan masyarakat.

TARLING atau tarwih keliling, merupakan gagasan kepala desa. Dimana pemdes melaksanakan tarwih bersama sama, dan pelaksanaanya random. Desa Gunung Makmur saat ini memiliki 2 masjid dan 6 mushola yang terbagi merata di 4 wilayah rukun warga (RW) dan kesemuanya adalah hasil swadaya masyarakat. SEtelah tarwih selesai, biasanya Pemdes tidak langsung pulang, berbaur dengan masyarakat sambil menikmati suguhan hasil pertanian masyarakat. Di sesi itu selayaknya diskusi santai, warga menyampaikan kondisi lingkungan dan menyampaikan perkembangan tempat ibadah, bahkan juga disampaikan rencana kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan. Agenda tarling disambunh dengan kegiatan nyuling (Nyubuh keliling). Ternyata warga sangat antusias dengan cara ini. Bahkan salah satu warga berbisik "Seneng aku mas, pak kades sowan kesini dan tarwih bersama dengan kami. Meskipun hanya kami suguhin singkong dan jagung rebus" ujar salah satu petani yang kebetulan beliau slah satu pengurus mushola.

SEGER Sembako Geratis.Merupakah hasil kerjasama dengan CSR perusahaan dalam program pemdes, Community Development Pengentasan Kemiskinan. Dimana sembako yang kita bagikan merupakan program jangka pendek dalam membantu masyarakat kurang mampu. Pemdes Gunung Makmur memiliki kerjasama jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan. Dimana kesemua program itu berjalan bekerjasama dengan CSR baik itu PT Primacom maupun PT. KMB (BGA Group). Dalam pembagian sembako ramadhan ini pun dibagiakan atas dasar bantuan, jadi ketika disebut bantuan kita tidak memilih berdasar latar belakang agama. Yang membutuhkan berhak mendapatkan. 

HALAL BIHALAL merupakan kegiatan yang disusun dan direncanakan Ketua RW dan ketua RT, dimana mereka akan mengkoordinir warga untuk membuat sebuah acara Tasyakuran dan Silaturahmi. Kegiatan ini biasanya diulaksanakan H+ 3 sampai H+ 10 Idul Fitri. Dan dalam kegiatan ini biasanya pemdes menjadi tamu undangan, karena seluruh rangkaian kegiatan sudah dilakukan oleh RT,RW dan warga. Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan ini biasanya juga menjadi ajang pertunjukan kesenian masing masing wilayah RW.

Kegiatan kegiatan diatas telah terlaksana sejak tahun 2021 dan sepertinya semakin tahun akan semakin banyak agenda. "Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Taman Desa, insha Allah  Ramadhan tahun depan akan kita adakan Pasar Ramadhan dibulan puasa dan Lomba  Rebana, dan tepat dimalam takbir juga rencana kita adakan Lomba Tabuh Beduk untuk pemuda remaja masjid yang mewakili wilayah RW masing masing. Rencana kegiatan terpusat di Taman Desa, rencana ini juga sudah saya sampaikan kepada pak kades" tutur sekdes Gunung Makmur.

Seluruh rangkain kegiatan Ramadhan di Desa Gunung Makmur bukan kegiatan wajib pemerintahan, akan tetapi pak Kades selalu berpesan kepada perangkatnya untuk bersemangat dan antusias melaksanakan kegiatan kegiatan di bulan Ramadhan. "Bulan Ramadhan adalah kesempatan baik untuk berpacu dlam kebaikan, Kebaikan dlam beragama, bermasyarakat dzn dlam pengabdian kepada warga" pesan kepala desa kepada perangkatnya. Kegiatan yang telah terlaksana juga mendapat dukungan dari seluruh elemen desa yang ada. Bahkan Linmas juga membentuk satgas khusus untuk pengamanan selama Ramadhan sampai momen lebaran. Bekerja sama dengan Poldes dan Babinsa Desa gunung Makmur.