SUKSES KELOLA DANA PUAP, GAPOKTAN GUNUNG MAKMUR BERJAYA

  • Apr 01, 2023
  • Massekdes
  • PERTANIAN

Gapoktan MUFAKAT, yang berdiri pada 15 Mei 2008 di Desa gunung Makmur Kecamatan Antang Kalang. Berfokus pada pembinaan dan pendampingan kepada petani yang berada di Gunung Makmur, melalui pendampingan pelatihan petani , penyuluhan dan simpan pinjam permodalan. Yang pada akhirnya menerima kepercayaan mengelola dana PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan) deangan aset / modal awal sebanyak Rp. 100.000.000. Menjadikan Gapoktan Mufakat semskin perkasa dalam kegiatan pendampingan modal petani dengan sistem simpan pinjam yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Kita pernah berfikir untuk membuat unit kerja baru, sehingga kegiatan kita tambah banyak dan usaha semakin maju. Akan tetapi dana masih berfokus pada pendampingan modal petani" terang Nur Afandi ketua Gapoktan Mufakat. Meskipun dana yang dikeloala semacam dana hibah, tapi nyatanya Gapoktan Mufakat mengelola dana PUAP dengan berhati hati dan transparan. Gapoktan Mufakat juga rutin mengadakan kegiatan rapat tahunan, dimana pada agenda kegiatan itu disampaikan laporan keuangan kepada anggota dan juga pemerintah desa. "Kalo saya ini polos aja mas, sekolah saya tidak tinggi akan tetapi kejujuran yang saya pakai. Laporan keuangan sederhana saja yang penting anggota memahami dan transparansi dana kami utamakan" kata ibu Veronica Suparmi yang didulat menjadi bendhara Gapoktan Mufakat.

Dari Dana yang awalnya 100 jt, selama dikelola ternyata mengalami perkembangan pesat tiap tahunya. Tercatat saat ini Dana tersebut sudah mencapai angka Rp 600.000.000. Dan setiap rapat akhir tahun dana tersebut ditunjukan uangnya? bukti fisik. "Saya gag mau, orang beranggapan kami hanya melaporkan data saja. Makanya kami tunjukan uangnya" imbuh bu veronica. Dari keberhasilan itulah, Gapoktan ini mendapat penghargaan Juara I tingkat kabupaten dan Juara II tingkat provinsi.

Anggota gapoktanpun sangat antusias dengan prestasi yang diraih, selain itu anggota sangat merasakan keberhasilan pengelolaan dana PUAP tersebut. " Sangat terbantu, ketika kami butuh pupuk ataupun bibit bahkan ketika mengalami masa sulit kami bisa mengajukan pinjaman modal kepada pengurus Gapoktan"  ungkap salah satu anggota Gapoktan Mufakat.

Gunung Makmur, memiliki tanah yang subur dan jenis tanah mineral juga airnya sangat baik. Tentusaja pertanian dan perikanan sangat mudah dikembangkan di Desa Gunung Makmur. Harapanya dengan adanya Gapoktan seperti ini mampu menjadi penolong warga yang mungkin saja terkendala permodalan dalam bertani dan beternak. Dan jika seluruh organisasi yang berkecimpung didesa ini berorientasi pada kejujuran , tentusaja perkembangan apa yang dikelolanya kan terlihat sangat signifikan, mengingat warga Gunung Makmur sangat antusias dengan program apapun yang ada di desa.