BANGUN TAMAN MILIK DESA (TMD) , GUNUNG MAKMUR HIDUPKAN WISATA DAN TARGETKAN PENINGKATAN EKONOMI

  • Mar 25, 2023
  • massekdes
  • PEMERINTAHAN

Desa Gunung Makmur, giat membangun Ikon Desa. Selain menjadi identitas desa, harapanya kedepan akan menjadi titik awal tumbuhnya wisata desa. Di tahun 2023 Gunung Makmur memiliki berbagai rencana yang mengarah pada ikon desa, diantaranya Taman Milik Desa, Gerbang Desa, Plang Ikonik Kantor Kepala Desa. Ada yang bersumber dari DD dan ada yang berumber dari bantuan pihak ke 3.

Taman Milik Desa yang sedang dibangun saat ini, memiliki tempat strategis. Berada pada titik 0 Km Desa Gunung Makmur dan terletak dijalur ekonomi dan kawasan pusat pemerintahan. Pembangunan berada pada Tanah Kas Desa yang berada di Pinggir Jalan Poros Desa dimana posisi nya sangat dekat dengan Kantor Kepala Desa, Kantor BPD, dan gedung PKK dan tepat berada di sebrang kompleks pasar desa. Sehingga pembangunan ini akan memberi dampak positif dalam banyak hal. Berada pada Pusat Pemerintahan tentunya akan menjadi Ikon Desa, sementara Pasar Desa akan mendapat imbas positif, semakin banyak kegiatan yang dipusatkan di TMD ini tentunya akan banyak pengunjung hadir dan akan berimbas positif bagi pasar desa.

Bagi masyarakat tentunya TMD ini akan menjadi tempat wisata keluarga , dipagi hari bisa untuk joging bersama keluarga. Dan ketika sore hari juga tempat iki akan dikonsp mejadi pusat kuliner dan arena permainan anak. "Nanti kita atur yang bagus mas, supaya terkoneksi antara wisata, pasar desa dan UMKM" tutur kades Gunung Makmur. Yang tampak bersemangat disela sela kegiatan beliau memantau pelaksanaan pembangunan TMD. Beliau juga berkeinginan kegiatan Pawai Budaya yang dilaksanakan di bulan agustus akan berpusat di TMD ini. Jadi memang TMD ini kedepanya akan dijadikan ikon Desa yang kan menjadi titik kumpul masyarakat.

Area pembangunan TMD ini sebenarnya luas, tapi saat ini yang dibangun baru ukuran 34 m x 6,5 m untuk lokasi monumen dan ukuran 40 m x 7 m untuk area Lapak UMKM. "Kalau kita fokuskan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa hanya untuk TMD, tentunya program yang lain ndak kebagian anggaran. Karena masih ada usulan masyarakat seperti JUT (jalan Usaha Tani) yang meliputi pemeliharaan jalan dan gorong-gorong" tegas Yuli Lestari , Kaur Umum & Perencanaan. Sementara itu pak kades yang tampak bersemangat juga ikut berkomentar " Pokoke kita lihat aja dulu hasilnya, kalau ternyata sesuai harapan kita mampu mendorong ekonomi masyarakat, kita gandeng pihak ke 3 buat percantik atau perluas TMD Gunung Makmur" imbuh beliau dengan nada besemangat.

Sementara sekdes Gunung Makmur yang mempunyai pengalaman menggarap KOBAR Expo 2017 dan Sampit Expo 2018 sangat optimis, pembangunan TMD ini akan memiliki nilai Ekonomi dan Entertain. "Secepatnya akan dirancang perdes yang mengatur pengelolaan TMD, Perdes Tentang pungutan pasar malam. Kalau sudah ada perdesnya tentu lebih aman. Kehadiran TMD bukan tidak mungkin suatu saat Gunung Makmur akan mempunyai agenda event tahunan bertajuk Exebition Expo. Dan saya yakin jika dimaksimalkan TMD akan menjadi Brand Image Desa, akan mudah melekat dan di ingat" ujar sekdes. "Kegiatan budaya, pagelaran seni, pasar ramadhan, lomba bedug takbiran, Pasar malam, pusat kuliner bisa ditata dan dilaksanakan di TMD ini, bahkan anak muda nanti kalau pengen ngopi tinggal bikin janjian ama teman nya, kita ngopi di TMD aja yukkk....." imbuh sekdes Gunung Makmur.

Ada banyak spot yang bisa dimaksimalkan menjadi objek wisata di Gunung Makmur, seperti embung, danau dan rawa yang berada di Tanah Kas Desa jalur potensial yang letaknya berada di poros desa sangat potensial dijadikan tempat wisata. Pemerintah Desa berharap mendapat dukungan seluruh pihak untuk terus menggali potensi desa , sehingga seluruh bidang pemerintahan desa bisa dilaksanakan dan bermuara pada pemerataan pembanguan di semua aspek.