AKUN DESA TERDAFTAR DI CAPIL , PELAYANAN JADI LEBIH MUDAH

  • Mar 19, 2023
  • massekdes
  • PEMERINTAHAN

Jarak Desa Gunung Makmur yang jauh dari Ibukota Kabupaten, sempat membuat keteteran dalam melaksanakan pelayanan di bidang Kependudukan. Selain jauh, waktu tempuh nya juga msih dipengaruhi oleh cuaca. Akan tetapi , sudah menjadi tuntutan bagi perangkat desa untuk mencari solusi tentunya.Apalagi administrasi penduduk ini, adalah pelayanan yang hampit setiap hari dibutuhkan oleh warga.

Kepengurusan dokumen kependudukan sering kali menjadi dilema, jika diuruskan kolektif terkadang ditunggu satu bulan juga belum ada barengan dalam artian hanya beberapa orang yang menyetor persyaratan. Jika kita lansung menguruskan dokumen tanpa menunggu barengan warga lain, seakan membuang anggaran Perjalanan Dinas. "Saya malu sama diri sendiri, kalau harus menggunakan anggaran Perjalanan Dinas hanya untuk menguruskan 1 akta kelahiran. Jika nunggu terkumpul banyak kelamaan" keluhan sekdes.Meskipun saat itu, kita mengurus berkas ke capil sangat dibantu oleh Pak Dedy Jauhari (saat ini camat pulau hanaut). Pemdes juga sering mencoba menggunakan aplikasi kependudukan online, akan tetapi sering terpental atau tidak mampu masuk.

Dari permasalahan tersebut, kami terus mencoba mencari cara yang lebih efektif. Dan pada akhirnya tanpa disengaja, sekdes bisa ngopi bareng di kantin capil sama Pak Muchsin pegawai Disdukcapil Kotim yang ternyata Kabag. Beliau adalah Kabag Bidang Inovasi dan saat itu beliau baru menjabat. Dari obrolan secangkir kopi, sekdes Gunung Makmur yang memberanikan berkenalan langsung membuka curhatan "Izin pak, apakah ada cara lain supaya kami mengurus dokumen kependudukan warga kami lebih mudah ?. Memang saat ini kami merasa sudah mudah, tapi sepertinya masih Hard Work, siapa tau bisa di upgrade ke smart work ?" . Dan darisitu obrolan yang awalanya hanya obrolan ringan karena baru kenal, mulai menjurus ke obrolan yang serius. Singkat nya beliau meminta menyiapkan email , surat permohonan dari desa dan kontak person. Setelah semua lengkap, beliau memperkenalkan kepada admin, dan akun Desa Gunung Makmur langsung terdaftar saat itu.

Dan setelah akun terdaftar, benar saja pengurusan dokumen kependudukan masyarakat via online lancar jaya. Kami pernah melakukan ujicoba pembuatan Akta Kelahiran hanya dalam hitungan menit. Akan tetapi tergantung kondisi signal, karena aplikasi ini menggunakan jaringan internet. Saat ini Sekdes Gunung Makmur juga menjalin komunikasi dengan Kominfo, untuk melakukan pengecekan signal. Karena tower salah satu provider berdiri gagah di Desa kami, tapi signalnya kadang sangat lemot. Yang dimaksud pengecekan signal, karena kominfo lebih tau bidang ini maka harapanya akan memberikan masukan, piranti apa yang dibutuhkan agar signal di Kantor Desa pada saat jam pelayanan bisa lancar jaya.

Tujuan memuat berita ini adalah berbagi tips agar kepengurusan dokumen kependudukan di Desa bisa lancar, masyarakat terbantu dan bisa memberikan pelayanan GERATIS.  Karena pada saat mendaftarkan akun desa, baru ada 3 desa yang terdaftar akunya di DUKCAPIL Kotim. Syaratnya cukup mudah, siapkan email aktif, Surat permohonan didaftarkan akun dan kontak person. Setelah itu, bisa menemui Bapak Muchsin Kabag Bidang Inovasi. Pendaftaran dijamin Gratis.