IKUT LOMBA DESA, PEMDES GUNUNG MAKMUR : WADAH UJI KOPETENSI ADMINISTRASI

  • Mar 18, 2023
  • massekdes

Untuk kali pertama, Desa Gunung Makmur mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten. Maka dari itu, istilahnya tidak ada target khusus . Karena saat ini dipercaya oleh pihak Kecamatan Antang Kalang sebagai wakil dari Kecamatan untuk berpartisipasi itu sudah merupakan sebuah kesempatan baik. Begitu pula Kepala Desa Gunung Makmur, Bapak Kristanto juga menyatakan hal yang sama  "Santai tapi serius, dan jangan jadikan beban" pesan beliau disela - sela persiapan. 

Terlepas menang atau kalah, tetap merasakan dampak positi luar biasa dari keikutsertaan ini. Ya, selama 4 hari 4 malam menjelang pelaksanaan seolah Desa Gunung Makmur layaknya desa tanpa tidur. Masyarakat antusias turut memperiapkan kedatangan tim penilai dari kabupaten, bergotong royong seolah tanpa lelah. Dari menghias jalan desa sampai ke jalan pemukiman. " Ngeri ini warga Gunung Makmur, bergerak tanpa pengawasan atasan" ujar Sekcam Antang Kalang. Karena kebetulan saat itu seluruh perangkat desa sedang mempersiapkan diri menjelang lomba.

Jujur harus diakui, tidak memiliki waktu panjang untuk mempersiapkan Lomba Desa kali ini. "Lha wong mas sekdes aja baru pulang, ngurusin warga kami yang kambuh di Km 77 Bangkal. Tak kira lombanya selepas lebaran" kata pak Kades. Berangkat dari hal itu, pak kades selalu berpesan kepada perangkat desa, agar keikutsertaan ini tidak menjadi beban, sehingga melalikan kesehatan.

Sementara itu dukungan juga sangat besar ditunjukan oleh Bapak Camat Antang Kalang, Sony S.sos. Beliau tampak berbaur bersama warga Gunung Makmur di area jalan poros Desa, membantu pemasangan umbul umbul. Sementara itu Sekdes Gunung Makmur yang sedang setting tempat untuk pemaparan Kepala Desa menyatakan "Jika memang dapat kesempatan menang, ini adalah kemenangan warga kami yang selama ini mengawal pemerintahan desa, dan jikalau gagal maka izinkan kmi pemerintah desa untuk berkaca dan berbenah administrasi desa".

Sebenarnya masih terlalu dini untuk perangkat desa Gunung Makmur mengikuti lomba saat ini, karena seluruh perangkatnya baru mengabdi selama 2 tahun. "Tidak apa - apa, intinya ini hanya uji kopetensi sejauh mana pelayanan dan administrasi desa kita. Tunjukan saja apa adanya , yang telah kita lakukan di Pemerintahan Desa" imbuh Kades Gunung Makmur. Pemerintah Desa Gunung Makmur juga bersepakat, akan menjadikan instrumen penilaian sebagai standard pelayanan dan administrasi di Desa.